Jenis-Jenis Nama Buah Pisang Di Indonesia

=============
   - Seperti kebudayaan di indonesia yang banyak ragamnya, begitu juga dengan buah pisang. mungkin kita sering makan yang namanya buah pisang tapi tidak terlalu engeh atau peduli dengan nama pisang tersebut. benar-benar egois ya brooo sisssttt !!!
BACA JUGA :
>> Aneka Olahan Camilan dari Buah Pisang

Karunia dan kebesaran tuhan memang sungguh luar biasa, kalo fansya rhoma irama biasa
menyebutnya sungguh terlalu,, hehe...sadar atau tidak kita sering tidak memperhatikanya. coba renungkan tuhan menciptakan buah dengan berbagai jenis dan setiap jenisnya masih juga memiliki banyak jenis..waw ko jadi ribet kayaknya. jadi gini maksudnya seperti buah pisang. pisang adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak jenis beserta namanya. Di artikel ini admin mau sedikit share nama dan jenis-jenis buah pisang. oke langsung aja cekidottt !!!

PISANG AMBON



Pisang ambon adalah salah satu jenis buah pisang yg dagingnya tebal, berwarna putih kekuning-kuningan, kulitnya kehijau-hijauan sampai kuning. siapa yang tidak mengenal pisang satu ini. Rasanya yang manis yang banyak digemari masyarakat. Buah ini berasal dari Indonesia, namun merupakan salah satu produk andalan di negeri Belanda. Saat ini pisang ambong sudah di budidayakan dengan cara modern dan beberapa varian yang bisa menjadi pilihan bagi anda. 
Pisang ambon biasanya digunakan sebagai pencuci mulut atau diolah menjadi berbagai cemilan lainnya. Pisang ambon ada beberapa macam seperti pisang ambon kuning yang memiliki ukuran buah cenderung lebih besar dibanding pisang lainnya, kulitnya berwarna kuning sedangkan dagingnya jika sudah matang berwarna putih kemerahan; pisang ambon lumut, kulitnya berwarna hijau muda meskipun sudah ranum, warna dagingnya lebih putih dibandingkan pisang ambon kuning; dan pisang ambon putih,kulitnya berwarna kuning dengan daging buah berwarna putih, rasanya agak asam namun memiliki wangi yang khas.
BACA JUGA:
>> Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan
>> Bersihkan Paru-parumu dari Nikotin dengan Cepat !

PISANG CAVENDISH



pisang Cavendish sangat populer dijadikan buah pencuci mulut sebab praktis dan nikmat. Pisang ini banyak dikembangkan melalui kultur jaringan ketimbang anakan. Hal ini bukan tanpa alasan. Pisang Cavendish yang dikembangkan melalui kultur jaringan jauh lebih tahan terhadap penyakit seperi layu moko dan juga layu panama. Pohon pisang jenis Cavendish memiliki tinggi maksimal 3 meter. Warna pohonnya hijau kehitaman. Sementara itu, daunnya memiliki warna hijau yang tua. Setiap berbuah, pohon pisang Cavendish menghasilkan tandan dengan panjang antara 60 sampai 100 cm. Setiap tandan biasanya dipenuhi 8 sampai 12 sisir. Dan tiap sisir terdapat kira-kira 12 sampai 23 buah. Cavendish ini memiliki karakter rasa yang unik sebab terdapat rasa asam yang tidak dominan dalam rasa manisnya. Warna daging buahnya putih sedikit kekuningan.

PISANG MAS


Pisang Mas memiliki bentuk kecil dengan aroma harum dan rasa yang lebih manis. Tidak hanya mengandalkan rasa yang manis, pisang ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dari kandungan mineral dan vitaminnya yang tinggi. Kulit buah pisang emas mampu menyerap racun-racun,residu kimia yang ada di buah pisang emas itu sendiri, oleh karena itu buahnya terjamin dari zat-zat kimia dan zat yang tidak berguna bagi tubuh. Semakin tua buahnya maka semakin kaya nutrisi.

PISANG RAJA


Sori ya..fotonya masih mentah.
Pisang Raja merupakan salah satu buah tropikal yang banyak sekali tumbuh di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia dan Malaysia. Buah yang satu ini cukup populer karena rasanya yang tergolong sangat manis bila dibandingkan dengan buah pisang lainnya. Tidak hanya rasa manisnya saja yang membuat pisang raja digemari, kandungan Vitamin C dan Vitamin A yang tinggi membuat buah ini menjadi primadona. Vitamin C dan Vitamin A yang terkandung dalam buah ini merupakan anti oksidan yang sangat baik untuk mengurangi dampak radikal bebas dan mencegah kanker

Buah Pisang raja yang telah matang biasanya langsung dikonsumsi secara langsung, namun beberapa penikmat buah ini terkadang juga mengolahnya menjadi pisang rebus atau pisang goreng, sing di kolek ya ana. Tidak jarang pula buah pisang yang masih belum matang digunakan sebagai bahan pembuat keripik pisang, sale pisang.

PISANG SUSU 


Pisang susu banyak manfaatnya, seperti pisang" yg lain. Salah satunya sebagai penambah asam folat. Asam folat merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh janin untuk perkembangannya di dalam rahim. Pisang susu mengandung asam folat sehingga sangat bagus dikonsumsi untuk ibu hamil. Karena pisang juga mengandung kalori yang cukup tinggi jadi berhati hatilah jangan sampai terlalu banyak mengkonsumsi pisang agar manfaat pisang yang didapatkan oleh ibu hamil akan maksimal. satu butir pisang bisa mempunyai kalori 80-100 kalori. Anda harus perhatikan berapa jumlah kalori perhari yg harus konsumsi. Jumlah kebutuhan kalori ibuhamil tiap bulan berbeda, sesuai dengan usia kehamilan. Selain itu pisang juga bisa untuk mengatasi rasa mual pada perut karena mabuk, milkshake pisang dicampur dengan madu. Manfaat pisang disini untuk menenangkan perut yang mual, dan madu untuk meningkatkan kadar gula darah.

PISANG KEPOK



Bentuk buah pisang kepok agak gepeng dan bersegi. Karena bentuknya gepeng, ada yang menyebutnya pisang gepeng. Ukuran buahnya kecil, panjangnya 10-12 cm dan beratnya 80-120 g. Kulit buahnya sangat tebal dengan warna kuning kehijauan dan kadang bernoda cokelat.

Ada dua jenis pisang kepok, yaitu pisang kepok kuning dan pisang kepok putih. Secara kasat mata dari luar bentuk pisangnya hampir sama. Hanya nanti saat daging buahnya diiris, baru terlihat kalau kepok kuning berwarna kekuningan, sedangkan kepok putih lebih pucat. Rasa kepok kuning lebih manis, sedangkan yang kepok putih lebih asam. Itu kenapa orang enggan mengkonsumsi pisang kepok putih, dan menjadikannya makanan burung. Padahal nilai gizi yang terkandung sama saja dengan keluarganya yang kuning itu.

Berbeda dengan pisang ambon dan pisang raja yang sering dijadikan buah meja, maka pisang kepok kuning enak dikonsumsi setelah diolah. Daging buahnya manis. Bahkan buahnya yang masih mengkel, belum terlalu masak, sudah enak kalau dikukus.klo jawanya dirawun.

PISANG NANGKA


Kulit buah ini agak tebal. Buahnya berukuran besar, panjangnya dapat mencapai 28 cm. Bentuk buah melengkung. Walaupun berukuran agak besar, pisang – yang berasal dari Malang, Jawa Timur, – ini hanya berbobot 150-180 g per buah. Daging buah berwarna kuning kemerahan dengan rasa manis sedikit asam dan aroma harum.

PISANG TANDUK


Keistimewaan pisang tanduk ini ialah bentuk buahnya yang besar panjang dan melengkung seperti tanduk. Panjangnya dapat mencapai 30 cm. Pisang ini tidak seperti jenis lainnya, produksi buahnya sangat sedikit. Satu pohon hanya menghasilkan tiga sisir, rata-rata tiap sisirnya terdiri dari 10 buah. Berat per buah mencapai sekitar 300 g. Kulit buah tebal berwarna kuning kemerahan berbintik cokelat. Daging buah berwarna merah kekuningan, rasanya manis sedikit asam, dan aromanya kuat.

Menyehatkan saluran cerna, Pisang juga mengandung serat, karbohidrat yang membantu mengatur sistem pencernaan tubuh dengan membantu mempertahankan gerakan usus tetap teratur. Pisang juga mengandung pektin, yang membantu untuk meningkatkan pencernaan secara keseluruhan dan mencegah sembelit. Tidak hanya itu, pisang juga memiliki efek antasid, yang membantu mencegah kekambuhan penyakit maag. Rutin makan pisang juga membantu mengurangi risiko kanker lambung. Jika Anda memiliki masalah pada lambung, cobalah tambahkan pisang ke dalam menu diet Anda, untuk membantu mengatasi masalah pencernaan.

PISANG LEMAK MANIS (TEGAL KIDUL: GEDANG LIMPUNG)


Pisang Lemak Manis ialah sejenis pisang tempatan yang bersaiz kecil dan manis. Kulitnya tipis jadi usahakan kalo mau memakanya jangan yang terlalu mateng karna ngupasnya bikin gregetan. pisang jenis ini cukup manis kalo dihidangkan buat acara hajatan, sayangnya populasi sekarang sudah jarang.

Sahabat pembaca yang budiman, itulah sedikit info atau ulasan tentang nama dan jenis dari buah pisang, semoga menambah wawasan sahabat pembaca sekalian.

=============

Subscribe to receive free email updates:

19 Responses to "Jenis-Jenis Nama Buah Pisang Di Indonesia"

  1. pisang itu buah2an dengan rasa lezat y

    ReplyDelete
  2. Dibutuhkan pisapisang tanduk dlm jumlah besar diutamakan daerah jatim hub:085397729774,,..pin bb:53dc5404 angga

    ReplyDelete
  3. saya paling suka sambel kulit pisang yang dibakar, mantep dehh rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maz,, saya baru tau tuh ...bisa kasih tau caranya mz... Atau mz bisah kasih tutornya untuk di terbitkan pada blog ini...

      Delete
  4. Pisang merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat. Pisang memiliki banyak jenis nama di Indonesia seperti pisang ambon, pisang mas, pisang raja, pisang susu, dan banyak lagi. Terimakasih untuk informasinya

    ReplyDelete
  5. Mas pisang yang paling laku di pasaran pisang apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya pisang yang buat di olah lagi mas...buat dijadikan keripik pisgor misalnya.... pisang ambon juga favorit buat makanan penutup..

      Delete
  6. mas, kalau pisang kreas/gedang kreas asal tegal apa namanya mas...kok cari dinternet gak pernah nemu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe,,saya juga ga tau bahasa resminya...makanya belum saya post..

      Delete
  7. Selamat siang..semoga kita semua di beri kesehatan

    Mohon info,ada yg tau Pisang kidang di daerah mana ga.
    Untuk obat

    Terimakasih

    ReplyDelete
  8. Selamat siang..semoga kita semua di beri kesehatan

    Mohon info,ada yg tau Pisang kidang di daerah mana ga.
    Untuk obat

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat pagi mas gepenk....maaf ni baru bales.

      Di indonesia jenis pisang ini memang belum terlalu familiar, jadi untuk budidayanyapun masi belum banyak...
      kalau pengin coba menggali informasi coba liat-liat atau tanyakan kesini
      http://www.kaskus.co.id/thread/5693b235642eb65f218b4568/sudahkah-juragan-tahu-tentang-pisang-merah/

      semoga bermanfaat

      Delete
  9. ternyata banyak banget jenis pisangnya. yang paling saya suka tentunya yang manis, karena ada juga pisang yang rasanya semu asam.

    ReplyDelete
  10. buah pisang di atas sangat populer, ternyata kulit pisang ada manfaatnya juga untuk kecantikan kulit wajah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mas,,, memang yang namanya pisang itu luar biasa..

      Delete
  11. Di jawa juga ada namanya agak porno, pisang susu hehehe susu kog lonjong

    ReplyDelete
  12. Paling suka pisang dari gunung Muria yang di jual di pinggiran gunung Muria, pisangnya gede gak bisa ngabisin makan satu doang kayaknya sejenis pisang Ambon

    ReplyDelete

Quote"

Berikan komentar dengan baik dan sopan, pengunjung yang baik akan memberikan penilaian untuk setiap artikel yang dibaca, komentar yang memakai kata-kata kotor dan SARA akan dihapus oleh admin.
Terimakasih salam sukses